Saturday

Kabupaten Ciamis

Mahayuna Ayuna Kadatuan

From Putratatargaluh


Ciamis adalah salah satu kabupaten di Propinsi Jawa Barat, tepatnya di sebelah tenggara Propinsi Jawa Barat.
Ciamis memiliki potensi wisata alam yang sangat mengagumkan, siapa yang tak kenal Pantai Pangandaran? pantai yang terkenal dengan keindahan Taman Bawah Laut nya. Di kawasan Pantai Pangandaran ini juga terdapat beberapa tempat wisata lainnya, diantaranya :
-Batu Hiu (batu menyerupai bentuk ikan hiu yang terdampar hampir ke pinggir pantai)
-Hutan Cagar Alam (tempat perlindungan suaka margasatwa banteng)
-Batu Karas yang terkenal dengan terjangan ombaknya, dan telah populer di kalangan para peselancar (bahkan hingga ke mancanegara lho), dan
-Pantai Karang Nini.

Selain Pantai Pangandaran, Ciamis juga kini mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia khususnya pelaku wisata ziarah, sebagai salah satu tujuan ziarah.
Ya, Pemerintah Propinsi Jawa Barat telah menetapkan Kecamatan Panjalu yang berada di sisi utara Kabupaten Ciamis sebagai salah satu titik wisata ziarah di Propinsi Jawa Barat.
Di Kecamatan Panjalu ini Terdapat Situ Lengkong yang di tengah-tengahnya terdapat Nusa (pulau) Gede. Tradisi yang diadakan rutin setiap tahun di Panjalu ialah acara Nyangku. Yaitu acara membersihkan pusaka-pusaka peninggalan Kerajaan Panjalu. Acara ini bermakna bahwa setiap insan harus senantiasa membersihkan dirinya. Acara Nyangku ini rutin diadakan setiap tahun pada Bulan Maulud. Tak heran kalau pada bulan ini akan banyak sekali peziarah yang datang ke Panjalu. Bahkan sudah menjadi kebiasaan bagi para perantau asal Panjalu untuk mudik (pulang kampung) pada bulan Maulud, sehingga mereka memiliki kebiasaan mudik sebanyak tiga kali setiap tahun selain Idul Fitri dan Idul Adha.
Panjalu dijadikan titik wisata ziarah untuk menghormati jasa Prabu Sanghiang Borosngora yang telah membawa Islam ke tatar Panjalu (konon Islam pertama kali masuk ke Indonesia adalah di Panjalu).
Di daerah Panjalu ini juga terdapat obyek wisata lain yang cukup dikenal di kalangan orang Ciamis, yaitu Curug Tujuh. Hanya saja sangat disayangkan pemerintah kabupaten/kecamatan kurang begitu memperhatikan keadaan sarana dan prasarana obyek wisata yang satu ini, padahal jika ditata dengan serius, insyaalloh obyek wisata ini akan semakin dikenal luas yang pada akhirnya akan memajukan taraf ekonomi masyarakat sekitar dan sebagai salah satu aset pendapatan Kabupaten Ciamis itu sendiri.
Selain tempat-tempat di atas masih banyak tempat wisata lain di Kabupaten Ciamis. Ayo...KUNJUNGI CIAMIS :-D ...

3 comments:

  1. Bang upuy update atuh blog teh. hayu urang ngeblog

    ReplyDelete
  2. Mohon bimbingan atuh kang..munggaran ngeblog simkuring mah..htr nhn.. :-)

    ReplyDelete

Komentar bebas tapi sopan...