Wednesday

Cara menampilkan ekstensi pada Windows Explorer

Hai sobat blogger, Gimana nih aktifitasnya lancar? Kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman saya sekaligus menjawab pertanyaan seorang teman Facebook saya. Dia menanyakan bagaimana cara mengubah ekstensi file (format file) pada windows explorer.

Sebelum membahas lebih jauh, saya terangkan dulu apa yang saya maksud ekstensi file pada Windows Explorer, karena itulah yang sedang saya bahas kali ini.

Ekstensi file pada Windows Explorer adalah sebuah atribut yang terdapat pada suatu file. Jenis dari atribut ini bermacam-macam, ada yang berbentuk video, ada yang berbentuk audio, dan ada pula yang berbentuk visualisasi saja alias gambar. Dalam pengembangannya pun, ketiga jenis file ini terbagi menjadi beberapa pembagian, misalkan file video ada yang berbentuk 3gp, mp4, avi, wmp, dan lain-lain. Dari file audio ada yang berekstensi mp3, wav, amr, dan lain-lain. Demikian pula dengan file gambar ada yang berekstensi jpg, jpeg, gif, dan sebagainya.

Utuk mengetahui file apa yang terdapat dalam file manager Windows Explorer komputer sobat, coba sobat arahkan kursor dalam komputer sobat pada sebuah file gambar, sesaat setelah itu pasti akan muncul sebuah text box yang menuliskan informasi yang terkandung dalam file yang kita tunjuk (dengan kursor), ada nama, ukuran, ekstensi file, dan keterangan waktu kapan file tersebut dibuat/ada di komputer kita.

lihat gambar:

Pada gambar tersebut terlihat text box memuat keterangan ekstensi pada gambar tersebut. Namun tidak pada nama gambarnya. Nah cara yang akan saya jelaskan yaitu bagaimana agar ekstensi file muncul pada nama file.

Baiklah, kita langsung ke TKP..!!
Pertama, masuk ke Windows Explorer, pilih foder yang akan akan kamu lihat ekstensinya, disini saya contohkan folder gambar. Setelah itu kamu pilih organize yang ada pada menu dropdown di kiri atas, lalu pilih folder and search option. Setelah itu akan muncul menu pop-up folder options, pilih view, hilangkan tanda checklist (centang) pada tulisan "hide extensions for known file types", klik apply, lalu OK. Selesai..!!

Lihat perbedaannya:

Catatan: Jika sebelumnya sobat tidak bisa menggati ekstensi file, maka dengan cara ini sobat juga bisa mengubah ekstensi file seperti layaknya mengubah nama file (rename). Namun yang saya maksud disini hanya bisa mengubah file yang se-aliran (silat kali..hehe..). Misalnya jpg menjadi jpeg/gif. Tidak bisa dari 3gp ke mp3 (dari video ke audio).

Selamat mencoba.
:)

0 comments:

Post a Comment

Komentar bebas tapi sopan...